Cara Rahasia Lulus SBM ITB Jalur SNMPTN atau SBMPTN
kumpulan cerita berdasarkan pengalaman yang ingin kami bagikan

Buat kalian yang lagi ngejar-ngejar buat masuk PTN, tips simple nya sih ya emang harus belajar & berdoa. Tapi kadang masih bingung gaksi, harus mulai belajar darimana, kapan dan dimana? Kalo untuk memulai pembelajaran, menurut aku sih kalian harus bener-bener tau dulu tentang gimana gaya belajar kalian. Tiap orang pasti punya gaya belajar yang beda-beda, ada yang harus di tempat sepi, ada yang harus belajar bareng-bareng orang lain, ya pokonya beda-beda deh pasti tiap orang. Jadi biar kalian nyaman dan ngerasa enjoy buat belajar, kalian harus bener-bener paham dulu sama gaya belajar kalian. Kalo kalian sukanya belajar di tempat sunyi,sepi,sendiri, aku saranin mungkin kalian mending belajar sendiri di rumah misalnya dan mungkin jadi ga begitu efektif kalo belajar di tempat bimbel hehehe ini pengalaman aku sih☺ Nah abis itu, kalian harus udah ada tujuan dulu nih, kalo gaada tujuan ya pasti bingung dan pada akhirnya kalian sendiri pun gaakan ngerasa ada ambisi tersendiri buat ngejar tujuan itu, ya jadi bisa dibilang tujuan ini kaya motivasi juga untuk kalian. Misalnya kalian harus tentuin dulu dengan yakin mau ambil jurusan apa, dan dari situ ketauan kan misalnya kalian harus belajar buat SBMPTN nya soshum atau saintek, atau bahkan campuran. Kalo udah begituu, tinggal mulai deh belajar dan jangan lupa berdoa!! Ini penting banget karena kadang orang yang pinter sekalipun bisa terkalahkan dengan orang yang beruntung. Tapi sebenernya acuan kalian buat berdoa itu sebenernya ga harus mimpi kalian yang tercapai, tapi minta aja yang terbaik ke Tuhan karena belum tentu yang baik bagi kalian itu baik juga bagi Tuhan.
Sekarang pertanyaannya, mulai belajar darimana? Dari bab apa? Atau dari buku apa? Kalo ini sih sebenernya beda-beda ya tiap orang, tapi aku mau share aja ke kalian tentang pengalaman aku waktu lagi jatuh bangunnya ngejar PTN yang diinginkan hahaha ini lebay banget btw. Jadi awalnya itu masuk ke kelas 12, jujur aja waktu kelas 10 dan 11 itu aku ngerasa kalo semangat aku lagi naik-naiknya dan kaya lagi cinta banget sama pelajaran di sekolah makanya waktu itu nilainya lumayan. Nah begitu naik kelas 12, entah aku yang bosen atau mungkin udah capek untuk ngertiin fisika, matematika, biologi dan kimia yang makin menyulitkan itu, aku jadi ngerasa ngedown banget. Bener-bener ngerasa turun banget nilai akademik. Jujur aku dari awal emang udah salah jurusan sih, cita-citaku pengen kuliah jurusan hukum atau akuntansi tapi tetep bertahan di IPA. Ya sebenernya aku seneng juga sih di IPA, tapi cuma untuk beberapa pelajaran aja kaya biologi dan kimia, sisanya kaya udah serahkan aja kepada Tuhan YME. Belum lagi pas kelas 12 itu diterpa masalah lagi dengan sang doi. Ya jadi emang pas itu aku ngerasa ngedownnya kebangetan, bahkan tiap belajar keingetan doi lagi doi lagi. Jadi buat kalian, pokonya di saat-saat ngejar PTN ini kalian harus focus, jangan mau dikalahkan sama masalah-masalah lain yang belum tentu penting juga untuk masa depan kalian.


So bijak banget gw hehehe.
Oke, itu masalah yang cukup bikin ngedown, dan abis itu ada masalah lagi di cara belajar yang salah. Waktu itu aku ikut-ikutan temen buat daftar di salah satu bimbingan belajar di kotaku. Jujur bimbel ini bagus banget tapi yang aneh itu ada di diri aku sendiri. Aku emang orangnya susah buat belajar rame-rame (apalagi sama yang pinter-pinter) dan di tempat yang ga sepi jadi ya otomatis setelah dari bimbel itu aku kok kaya ngerasa ada beban tersendiri gitu bukannya malah ngerasa seneng atau ilmunya bertambah, belum lagi tiap pulang les tuh capek banget dan ga sempet buat belajar sendiri. Nah setelah menyadari bahwa aku ga cocok di tempat les kaya gitu, akhirnya aku memutuskan untuk bolos setiap ada jadwal dan beli voucher belajar online. Kebetulan karena aku anak murtad dari IPA ke IPS, jadi aku harus atur-atur gimana supaya aku bisa belajar IPS buat SBMPTN tapi juga pelajaran IPA ga ketinggalan.
Ohiya, aku juga sempet ditolak sebelumnya lewat jalur SNMPTN ke SAPPK. Tapi sumpah aku bersyukur banget ditolak disitu, karena emang aku lama-lama ngerasa kalo passion aku di pelajaran IPA tuh bener-bener dikit banget. Jadi buat kalian juga yang sebelumnya pernah ditolak PTN lewat jalur apapun, jangan pernah nyerah dan putus asa! Mungkin Allah punya jalan lain yang jauh lebih baik dari rencana kalian :) Alhamdulillah banget, walaupun sempet ditolak di SAPPK, akhirnya perjuanganku terbayarkan juga bisa dapet SBM ITB lewat SBMPTN dan Hukum UI lewat SIMAK. Terimakasih ya Allah.
Selain itu, aku juga belajar lewat soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya dan bukunya dijual deh kayanya di semua took buku, jadi kalian tinggal beli aja. Aku juga beli buku yang khusus untuk TPA. TPA ini juga kan lumayan banyak ya soalnya di SBMPTN dan semua jurusan bakalan ada TPA jadi mungkin ini yang harus kalian pelajari lebih awal, apalagi buat yang belum nentuin pilihan mau saintek atau soshum.
Ohiya, aku juga mau cerita kalo dulu waktu kelas 12 itu kadang aku suka bolos sekolah, tapi aku tetep belajar di rumah. Ya karena aku emang mau murtad juga, jadi aku belajar seefektif dan seefisien mungkin belajar IPS di rumah. Jadi yaa kalo kelas 12 itu kalian harus bisa atur-atur sendiri jadwal kalian dan harus berdasarkan gimana enaknya kalian dalam belajar.
Yang terakhir nihh, kalo udah deket banget waktu tes, jangan terlalu banyak belajar lagi karena takutnya kalian malah stress dan ngerjain ujian pun ga maksimal.
Paling itu sihh tips dan pengalaman singkat aku pas lagi ngejar-ngejar buat masuk PTN. Pokonya harus semangat! Cape sih emang iya, tapi begitu bisa diterima, itu semua terbayarkan ko. Eh tapi sebenernya mimpinya jangan buat masuk PTNnya aja ya, soalnya kalo gitu nanti begitu udah dapet, semangat kalian bakal luntur lagi karena kalian udah ngerasa dapetin apa yang kalian mau, padahal kan setelah dapet PTN tuh baru kerasa perjuangan yang sebenarnya. -Sarah Sophia Romdoni, SBM 2017


Jadi gimana nih menurut kalian dari ceritanya si Ara (nama panggilannya si Sarah Sophia)? Tidak cuma Ara kok yang punya cerita, aku juga punya cerita nih about gimana akhirnya lulus dan ambil SBM ITB. First kenalin dulu yah! Nama aku Rezki Ananda Putri bisa di panggil Kiki. Aku alumni NETCO, apa itu NETCO? Jadi NETCO itu nama keren nya dari SMAN 3 Kota Jambi. NETCO itu akronim dari NEgeri Tigo COllege. Buat kalian yang nggak tau Jambi (seriusan nggak tau Jambi? Yang Gubernurnya paling ganteng itu loh!) bisa googling sekarang ya!
        By the Way, aku lulus SBM ITB dari jalur SNMPTN. Percaya tidak percaya sih soalnya waktu SMA jurusan aku IPA. Tidak pernah terlintas di pikiran aku untuk memilih SBMITB dari kelas X sampai awal XII aku masih sangat labil untuk menentukan jurusan dan universitas apa. Tiba saatnya pengisian nilai dan data untuk SNMPTN. Di saat itulah aku berpikir untuk mencari peluang dengan memilih jurusan dan universitas yang jarang diminati bahkan tidak ada peminatnya. Setelah melihat hasil survey BK tidak ada satupun siswa yang berminat masuk SBMITB dari sekolah aku. So, dengan pertimbangan yang panjang aku menetapkan hati dan pikiran untuk memilih SBMITB sebagai pilihan pertama.

        Pasti kalian bertanya-tanya, aku jurusan nya IPA terus dengan seenaknya ambil jatah anak IPS. Well, ini bermula dari keinginan orangtuaku untuk aku ambil jurusan yang berhubungan dengan keuangan seperti akuntansi atau manajemen. Dan aku pribadi juga merasa give up belajar Fisika, Kimia, Biologi, dan lain-lain. Oh ya, sebelum menetapkan hati dan pikiran di SBMITB aku berniatan untuk SBMPTN dengan pilihan pertama Hubungan Internasional, Universitas Indonesia dan pilihan kedua Sastra Inggris, Universitas Indonesia. Ya! Aku suka belajar Bahasa Inggris tetapi aku masih belum bisa berbahasa inggris dengan lancar, dan Bahasa Inggris menjadi salah satu alasan kenapa aku memilih SBMITB, karena aku tahu di SBMITB akan full English itu akan sangat-sangat membantu mengembangkan minatku.
Selain mengisi formulir SNMPTN dan SBMPTN aku juga ikut seleksi PPKB UI. Jadi, PPKB UI itu kurang lebih sama dengan SNMPTN. Aku memilih Vokasi Akuntansi Keuangan. Oh ya, aku juga di paksa untuk tes STAN. Tetapi karena aku sangat-sangat tidak ingin masuk ke sekolah ikatan dinas jadi pada saat tes aku isi dengan sembarangan isi.
        Singkat cerita, hari pengumuman SNMPTN telah tiba, tepat pikul dua siang aku mencoba untuk log-in dan TADAA aku melihan background hijau yang bertuliskan bahwa aku di terima di SBMITB. Aku terdiam lalu bersyukur kebahagiaan. Aku tidak menyangka, aku akan lulus di SBMITB. Seminggu kemudian pengumuman PPKB UI, aku coba log-in dan TADAA aku juga dinyatakan lulus di Vokasi Akuntansi. Jujur, saat-saat terberat untuk memilih ITB atau UI. Seminggu atau beberapa hari kemudian (aku lupa) tibalah saatnya pengumuman STAN. Dari dua pengumuman sebelumnya jujur aku sangat takut dengan pengumuman ini. Bukannya takut tidak lulus, tetapi aku takut lulus. Dengan tangan gemetarku mencoba mencari namaku pada pikul dua dini hari dan akhirnya aku sangat-sangat lega melihat tidak ada namaku di daftar nama calon siswa STAN yang lulus.
        UI atau ITB? Aku meminta saran kedua orangtuaku, karena tidak lulus STAN orangtuaku memberikan aku kebebasan untuk memilih UI atau ITB sesuai hati nuraniku. Dan aku memilih SBMITB karena dalam waktu tiga tahun jika di SBM sudah memiliki gelar sarjana tetapi jika di Vokasi Akuntansi UI aku hanya mempunyai gelar D3, dan alasan utamanya adalah full English environment.
        Jadi intinya menurut aku, kalua mau lulus SBMITB jalur SNMPTN itu,
1.     Tidak perlu jadi juara kelas terus tetapi nilai ada yang menurun. Aku di kasih bocoran sih kalau ITB itu melihat grafik nilai yang meningkat. (bocoran dari BK).
2.     Pilih SBMITB kalau kamu ngerasa PD dengan nilai kamu jika banyak yang berminat di SBMITB jika di sekolah kamu tidak ada yang memilih SBMITB itu kesempatan emas untuk kamu lulus.
Wah, closing nih. Begitulah cerita yang menurut aku ga-jelas tetapi semoga bermanfaat deh. Jangan lupa kuatin doa dan usahanya yah. SNMPTN itu bagi aku 50% usaha dan 50% faktor luck. Kalo tidak keterima jalur SNMPTN ya yang kaya kamu baca sebelumnya cerita si Ara gimana dia fight buat SBMPTN.
        SEMANGAT YA!!! –Rezki Ananda Putri

Hallo netizen! Kali ini saya mau sedikit berbagi tentang tips and trick saya sukses melewati SBMPTN dan diterima di universitas idaman saya. Pertama-tama yang harus kamu persiapkan adalah tekad yang kuat untuk bisa meraih target kamu,percaya aja deh kalau sebuah tekad itu lebih kuat dari pada baja! Hehe.. itu wejangan seorang motivator yang pernah saya dapat. Setelah itu kita fokuskan apa saja target yang ingi kita capai,di SBMPTN sendiri tersedia 3 slot pihan universitas yang bisa kamu isi. Alangkah baiknya kalau targetting kamu itu sudah melewati tahap rundingan dengan orang tuamu,temanmu,seniormu,bahkan kepada tuhanmu juga. Jika pilihan sudah ditentukan maka marilah melihat berapa nilai yang harus ditembus oleh tes SBMPTN. Dengan mengetahui passing grade di universitas yang kamu idamkan,kamu dapat langsung mengelola sistem belajar kamu. Semakin tinggi targetnya (ITB, UI de el el) maka ya harus lebih keras belajarnya. Kita harus belajar dari filosfi gunung, semakin tinggi gunung yang kita daki maka usaha bakal makin lelah.
Namun, salah satu cara efektif adalah di cicil, contoh mulai aja dari satu soal perhari, terus konsisten dengan itu hingga kamu bisa mencapai target. Terus tingkatin standard nya mulai dua soal perhari dan setersunya.  Kunci nya ada di kamu ! kalo mau meraih sesuatu harus ada yang di korbankan.

Muhammad Luthfi Dzulfiqor - SBM ITB 2020

Nothing is Impossible
        Kalimat nothing is impossible itu benar – benar terbukti. Atas do’a, usaha, optimis atas keajaiban Tuhan bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. kini saya akan menceritakan tentang perjuangan masuk PTN. Alhamdulillah atas do’a dan usaha saya selama bersekolah 3 tahun di SMAN 1 Gegesik mendapatkan hasil. Saya bisa lolos Institut Teknologi Bandung lewat jalur SNMPTN. Fakultas saya adalah Sekolah Bisnis dan Manajemen.
Awal ceritanya, waktu itu saya sangat berkecil hati untuk bisa masuk ITB. Universitas terbaik di Indonesia.Saya dari IPS lalu nilai raport saya rata – rata hanya 80-an, dan grafik nilai raport yang naik turun dari semester 1-5. Sangat – sangat suram melihat nilai rapor.
Ketika hanya melihat nilai rapor. Semangat saya turun mimimpikan bisa kuliah di ITB. Sebelum ada pikiran kuliah di ITB, ketika kelas X , target saya ingin kuliah di UNPAD. Tapi tidak ada jurusan yang sesuai dengan bidang saya. Tapi kalo saya dari IPA, saya mungkin akan pilih kedokteran. Itu juga karena keinginan orangtua saya, yang mengunginkan saya menjadi dokter. Kemungkinan kecil dan takut ambil resiko ketika jalur lintas jurusan dari IPS ke IPA begitu pula sebaliknya. Agar meminimalkan kemungkinan terburuk yang terjadi maka saya pilih prodi di program IPS. Jadi kalian-kalian yang akan menargetkan PTN lewat jalur Undangan. Dari kelas X harus bisa memilih, mau milih apa besok untuk kuliah, tidak hanya sekedar memilih prodi tapi juga bisa memilih peluang kerja yang banyak besok. Jika ingin Ilmu Sosial untuk kuliah besok, maka jangan paksa untuk masuk program IPA atau sebaliknya. Jadi kesempatan besar untuk bisa tembus jalur SNMPTN ada kemungkinan.
Akhirnya saya bingung mau masuk PTN mana dan jurusan apa. Ditambah orang tua nyuruh buat kuliah yang deket aja. Padahal ada tuh keinginan kuliah di Yogyakarta. Ya taulah ya, Yogya kaya gimana. Tenang, ga macet, bersih. Ya gitu dech. Lalu saya browsing PTN yang ada di Jawa
Barat. And then, saya kepikiran ITB. Yang punya jurusan IPS. Ada jurusan Bisnis lagi. Dengan yakin, saya pilih ITB sebagai pilihan pertama di SNMPTN. Tidak lupa, istiqomah, berdo’a minta kepada Tuhan (Allah yang Maha Kuasa), berjuang lakukan sunnah Allah khusus orang Islam lakukan seperti seringlah sholat malam Tahajud, sholat duha, puasa senin kamis dan berbuat baik dengan semua orang entah itu guru, teman – teman dan lainnya agar do’a kita di hijabah oleh Allah SWT. Dan koordinasi dengan orang tua dan saudara kita itu merupakan salah satu hal penting . ketika minat kita untuk sekolah di PTN sudah direstui oleh orang tua kita. Semuanya InsyAllah akan dipermudah. Karena memang benar , “Ridho Allah adalah Ridho dari Orang Tua”.
Kamu juga harus bisa baca stategi perang agar kita tidak gugur dalam undangan PTN. Misal, kamu mau ambil Jurusan Manajemen ITB, tapi nilai kamu ga stabil. Ditambah persaingan seluruh Indonesia loh. Lebih baik jangan pilih Manajemen ITB. Ya tapi kalo kamu kekeh. Silahkan. Siapa tau kan diterima. Atau kamu bisa cari aman ambil Manajemen di Univeritas-universitas yang peminatnya lebih sedikit. Tapi kalo kamu belajarnya rajin, Nilai raport pun bagus-bagus. Pasti bisalah diterima di Manajemen ITB. Oh iya, stategi perang juga maksudnya adalah ketika di sekolah jurusan kitasama,sebaiknya kita bisa baca teman – teman yang akan masuk jurusan kita sama atas berbeda. Jikalau sama, berapa orang yang sama dan bagaimana nilai rapor.KITA ?.
Tips lainnya yaitu tidak hanya mengandalkan nilai rapor saja. Prestasi kejuaraan juga komponen yang penting, semakin kita banyak menjurai kejuaraan baik itu tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Prestasi juga menentukan masuk PTN.
Usaha, do’a, tawakal, optimis Tuhan akan membalikkan rejeki kita dan pepatah jika rejeki itu tidak akan tertukar dengan yang lainnya. Itu memang benar. Dan bagi yang menargetkan masuk ITB, maka teruslah berjuang. Usahakan prodi yang kita pilih pertama dan kedua adalah Universitas yang kita tuju dan tingkat Akreditasinya lebih tinggi dari Universitas kedua. Kemungkinan besar pilihan pertama dan kedua yang bisa jebol jalur undangan kemungkinan besar. Karena kemungkinan pilihan 3 dan 4 sangat minim sekali untuk bisa jebol jalur undangan.
Sekian Cerita dari saya. Dari cerita diatas, ada pepatah yang bisa kita buktikan “ Mulailah dari yang paling mudah, mulailah dari diri kita bisa, mulailah dari diri sendiri, dan mulailah dari SEKARANG”. Karena hidup tak ada yang tidak mungkin “Nothing is Impossible”.
Tetap semangat jangan pernah katakan tak bisa !
Corolin Enjelita Yodi Yuliyandani, SBM 2020.

USAHA TIDAK AKAN MENGHIANATI HASIL

Aku shifa, akan cerita singkat bagaimana perjuangan ku untuk SBMPTN. Aku hanya siswi SMA biasa dengan nilai pas pas an. Disaat yang lain les Bimbel di tempat ternama, apalah aku yang cuma belajar lewat buku buku saja. Namun, lama kelamaan aku minder banget ngeliat temen yang lain ngebahas soal tryout dari tempat mereka bimbel. Disinilah puncak stress aku. Ngerasa paling cemen dari yang lain. Tapi, alhamdulillah ada om yang daftarin dan bayarin aku video pembelajaran online. Dan om aku bilang "Ada hasilnya ya" satu kalimat yang membuat aku punya tanggung jawab memaksimalkan apa yang di beri sama om ku ini ga percuma. Kalimat yang ngebuat aku ga mau ngecewain orang lain yang udah nolong aku. Hampir setiap hari aku buka pembelajaran online ini walaupun terkantuk-kantuk sampai tengah malam. Yang ada di pikiran aku hanyalah memberikan semua usaha ku. Hasil nya nanti sajalah dipikirinnya hehehe.

Sebelum SBMPTN aku ikut Ujian Seleksi Masuk PKN STAN (USM PKN STAN). Untuk ikut ujian ini aku udah melakukan banyak persiapan. Mulai dari beli buku-buku latihan STAN sampai ikut Tryout berkali - kali. Dan hasilnya....  setelah aku cari nama ku sendiri sampai mata ku juling (hehe gak deng) berkali kali dari sekian ribu orang aku cek nama aku tetep gaada. Yak bener!! Aku ga lolos hehehe. Jujur aku sedih tapi yaudahlah ya mau gimana lagi:))

Setelah berhasil menguasai diri, aku berusaha tetap semangat belajar buat SBMPTN. Aku tambah minder apalagi ngeliat temen-temen yang bimbel bahkan sampe nginep di tempat bimbel buat belajar SBMPTN. Bahkan ketika orang-orang nanya aku SBMPTN milih apa, aku ga pernah sebut pilihan pertamaku yaitu SBM ITB. Aku ngerasa mimpiku terlalu tinggi untuk masuk ITB tanpa bimbel seperti yang lain. Biasanya aku cuma menyebutkan pilihan kedua dan ketiga. Dan ketika orang nanya "pilihan yang lainnya apa?" Aku cuma jawab "ada deh hehe". Sengaja aku ga bilang milih ITB karena takut malu kalau ga dapet hehe.
Tapi aku mencoba untuk tetap semangat dan menghibur diri. Minta sama Tuhan untuk dimudahkan belajarnya, menghapal materinya, dan dimudahkan ngerjain soal - soal. Liat video pembelajaran pagi, siang, sore, malem, bergadang pula. Lelah dan jenuh emang. Tapi aku ngorbanin semua usaha aku untuk dapet hasil yang terbaik, maka usahanya engga boleh setengah setengah.

Sampai tibalah saat hari H ujian SBMPTN. Setelah selesai, aku udah hopeless banget. Bahkan rasa-rasanya untuk pilihan ketiga ngerasa ga pantes dan ga mungkin dapet. Yang bisa aku lakuin berdoa, memohon sama Tuhan supaya diberikan yang terbaik.


Dannnn hari pengumuman tiba. Awalnya aku ga berani buka web hasil SBMPTN. Setelah mengumpulkan mental untuk menerima apapun yang terjadi nantinya, aku buka web nya. HIJAU! Aku lolos seleksi SBMPTN! Keterima PILIHAN 1! Di ITB!!! Senang bukan main. Ternyata semua usahaku terbayar. Doaku terjabah. Daan gaada yang ga mungkin. Semua bisa terjadi atas kehendak Tuhan.


Untuk kamu penjuang SBMPTN 2017, jangan takut untuk bermimpi di perguruan tinggi favorit. Mungkin kamu di remehkan teman karena kemampuan akademikmu selama di SMA. Mungkin orang tua mu udah hopeless sama kamu untuk masuk PTN. Atau kemungkinan - kemungkinan lainnya yang buat kamu patah semangat.

JANGAN

Jangan dengar kata kata mereka.
Jangan buat ucapan mereka melembekkan semangat mu.
Jangan buat ucapan mereka benar adanya.
Jangan biarkan mereka meremehkan mu.

TAPI

Buat mereka ternganga dengan hasil jerih payahmu.
Buat mereka menyesal dengan perkataan mereka terhadapmu.

KARENA

Usaha tidak akan menghianati hasil.

Komentar

  1. SNMPTN nilai rata2 raport untuk anak IPA yg mau ke SBM ITB berapa ya kak? Jika saya 89,3 peluangnya bagaimana ya kak? Alhamdulilah seluruh mapel tidak ada yang turun. Mksh😁

    BalasHapus
  2. haloo kak :) aku mau nanya kalau dari SMA IPA mau ke SBM ITB lewat jalur SBMPTN, itu yang saya pilih tes untuk soshum saja atau campuran ya kak? terima kasih kak :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini